Pesan Dakwah dalam Novel Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi

Anisatul Islamiyah, Luluk Fikri Zuhriyah

Abstract


Ada dua permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam novel negeri lima menara? dan bagaimana penyampaian pesan dakwah yang ada dalam novel negeri lima menara?

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian non kancah yang menggunakan pendakatan kualitatif dan analisis wacana model Van Djik

Pesan dakwah yang ada dalam novel negeri lima menara ini mencakup aspek aqidah (keimanan) dan konsep keimanan yang paling menonjol adalah keimanan kepada Allah dan kitabullah al-Qur’an. Selain aqidah juga terdapat pesan dakwah syari’ah yaitu aturan-aturan agama khusunya tentang shalat dan bagaimana bersosialisasi di lingkungan pesantren. Dan yang terakhir adalah aspek akhlakul karimah yang kental diwarnai oleh birrul walidain dan keikhlasan.

Dalam penyampaiannya ketika digunakan analisis Van Dijk dengan menggunakan enam elemen ditemukan bahwa dari sisi tematik yakni judul negeri lima menara menggambarkan impian para santri yang ingin belajar di negara-negara besar yang mempunyai menara besar.  Sedangkan elemen skematiknya, novel ini menggunakan alur maju mundur. Elemen dari sisi semantik, penulis novel ini menggunakan latar sebuah pesantren di Jawa Timur dengan maksud ia menonjolkan representasi pesantren yang tidak kalah maju dengan SMA. Dari sisi sintaksis dalam novel ini kata ganti komunikator menggunakan kata “aku” yang menunjukkan tokoh utamanya adalah narator dalam novel ini. Dari segi stilistik penulis banyak menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Perancis dan bahasa daerah yaitu bahasa Minang. Dan yang terakhir adalah retoris yakni penekanan yang dipakai penulis adalah dengan penggunaan majas, hiperbola dan pengandaian, seperti kata “keterlaluan” pintarnya, dan juga seperti pungguk merindukan bulan, dan lain-lain.

Penelitian ini hanya menganalisis sisi teks pesan dakwah yang ada dalam novel, tidak sampai pada pengaruhnya bagi masyarakat. Kiranya penelitian tentang pengaruh pesan dakwah dari novel bagi masyarakat dapat dijadikan rekomendasi untuk dikaji dalam penelitian berikutnya.

 

Kata Kunci: Pesan Dakwa; Novel


Keywords


Pesan Dakwa; Novel

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jki.2011.1.2.137%20–%20148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

Creative Commons License
Jurnal Komunikasi Islam (JKI) by http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats