Author Guidelines

FORMAT NASKAH 

Sistematika penulisan artikel Jurnal Komunikasi Islam (JKI) adalah : Jika hasil penelitian terdiri atas Abstrak,  Pendahuluan, Literature Review, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan,  Simpulan.  Sedangkan untuk esai (telaah ilmiah) meliputi Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Kritis Penulis dan Simpulan.

Naskah ditulis dengan spasi ganda pada kertas berukuran A4 dalam bentuk soft-copy dalam format word document. Panjang tulisan sekitar 5000-6000 kata, termasuk daftar referensi, gambar dan tabel. Judul naskah ditulis secara lengkap disertai dengan nama penulis, afiliasi, serta alamat korespondensi termasuk e-mail. Abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang abstrak sekitar 90-100 kata.

Tulisan dikirim ke Redaksi Jurnal Komunikasi Islam, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan  Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. A. Yani 117 Tromol Pos 47/WO Surabaya 60237. Pengiriman  melalui Make A SUBMISSION di halaman depan Jurnal Komunikasi Islam.

FORMAT KUTIPAN DAN REFERENSI

Penulisan kutipan referensi dalam artikel menggunakan catatan perut (in-text). Penggunaan catatan kaki (footnotes) diperkenankan jika memang dibutuhkan dan hanya berfungsi sebagai keterangan tambahan atau penjelasan. 

Format kutipan referensi pada jurnal ini menggunakan APA 6 yang dimodifikasi.

Contoh penulisan kutipan dalam catatan perut (in text) :

  • Baker, Barrett & Roberts (2002, hlm. 4) menyatakan bahwa konsep…
  • Sebuah survey yang dilakukan oleh korporasi trans-nasional (Baker, Barrett & Roberts, 2002, hlm. 4) menyatakan bahwa …

 Contoh penulisan kutipan dalam catatan kaki (footnotes) :

  • Untuk memperoleh kedalaman elaborasi informasi, Mayer dan Schermuly (2011) mengikuti prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam Hotman, et al. (2007), bahwa…..
  • Konsep ini tidak melakukan generalisasi ke model regresi dengan interaksi yang melibatkan variabel prediktor kuantitatif. Lihat Darlington (1990, hlm. 440-441).

CONTOH PENULISAN REFERENSI:

BUKU: 

  • Baker, E., Barrett, M., & Roberts, L. (2002). Working Communication. Australia: John Wiley & Sons.
  • al-Bukhari, Ismail, A.A.M. (2011). Shahih Bukhari 1, trans. Musykar, et al. Jakarta: al Mahira.
  • Berger, P.L., & Thomas, L. (1990). Konstruksi Sosial atas Realitas. Jakarta: LP3ES.

SKRIPSI/TESIS/DISERTASI:

  • Sahro.(1992). Tarekat dan pedagang: Studi tenteng proses internalisasi ajaran dan pengamalan keagamaan penganut tarekat idrisiyah di desa Jatihurip kecamatan Cisayong kabupaten Tasikmalaya. (Skripsi). Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel: Surabaya

JURNAL ILMIAH:

  • Conley, N. A. & Kimo A. Y. (2017). A Survey of instructional communication: 15 years of research in review. Communication Education. 66 (4), 451-466.

BOOK CHAPTER/BUNGA RAMPAI:

  • Heryanto, A. (2008). Citizenship and Indonesian ethnic Chinese in post-1998 films, dalam Ariel Heryanto (ed.), Popular culture in Indonesia: Fluid identities in post-authoritarian politics, Routledge, Taylor & Francis Group, New York, London, hlm. 70-92.

BERITA DALAM KORAN

 Nama wartawan. (tahun). Judul berita. Nama koran. URL:           

ARTIKEL POPULER DI MEDIA ONLINE:

Nama penulis. (tahun). Judul artikel. Nama koran. URL:

ARTIKEL ILMIAH DARI WEBSITE:

Nama penulis. (tahun). Judul artikel. URL:                         

BERITA/CERAMAH  DI YOUTUBE

  • Dakwah Digital Channel.(2019). Full kajian UAH dan AA Gym: Kajian special milad DT-29. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=PTawegd3Xcs